Sebelum memulai menjelaskan program ini, berikut merupakan
gambaran singkatnya :
1.
Program ini memiliki package bernama Tugas. Dan hanya memiliki satu kelas
yaitu bernama Programku.
2.
Program ini memiliki komentar yang terdiri dari
:
·
Komentar untuk satu baris.
Misalnya :
//menentukkan group dari semua item
·
Komentar untuk keperluan dokumentasi.
Misalnya :
/**
*
* @author isti hana
*/
3.
Program ini terdiri dari separator yang
digunakan untuk memisahkan salah satu bagian program dengan bagian lainnya.
Berikut separator yang digunakan :
-
Tanda kurung ( ) : mengisikan daftar parameter
didalam method untuk mengapit sebuah ekspresi dalam operasi tertentu, statement
control atau untuk melakukan typecast.
-
Kurung kurawal { } : untuk membuat blog
program(kelas, method, control, pemilihan, dan control pengulangan) dan untuk
mengisikan nilai inisial pada deklarasi array.
-
Kurung siku [ ] : untuk mendeklarasi array dan
untuk mengambil/ mengisi nilai dari elemen array.
-
Titik koma (;) : untuk memisahkan statement
-
Koma (,) : untuk memisahkan variable pada saat
proses deklarasi. Juga dapat digunakan pada saat menggunakan statement for.
-
Titik (.) : untuk memisahkan nama paket,
subpaket, dan kelas. Juga digunakan untuk memisahkan data/method dari sebuah
referensi objek.
4.
Program ini terdapat kata kunci yaitu : class,
implements, import, new, package, public, static, this, true, null dan void.
5.
Tipe data dalam program ini adalah string.
6.
Program ini merupakan contoh program komponen
control tingkat dasar yaitu komponen JRadioButton.
Pada program ini menggunakan GUI(Graphical User Interface)
yaitu untuk pendesainan atau menggunakan development tool seperti pada penggunaan program Borland
Delphi, Visual Basic dan lain-lain. Walaupun memang dalam penggunaan java, pembuatan
GUI memang relative lebih rumit.
Gambar diatas sebagai awal
program yang letaknya dibawah nama package digunakan untuk mengimport
awt dan swing dalam pengembangan program GUI. Awt dan Swing disini digunakan
secara bersamaan karena keduanya merupakan penyedia komponen yang akan
digunakan dalam pembuatan program.
Pada program ini, Programku merupakan nama kelas. Karena
program ini menggunakan komponen JRadiobutton maka class akan
mengimplementasikan itemListener untuk
segera bereaksi apabila terjadi perubahan pada radiobutton. Program ini juga menggunakan komponen Jlabel
sebanyak 2 label yang akan digunakan sebagai teks. Dan komponen JRadiobutton
sebagai pilihan bila teks tersebut berupa pertanyaan. ButtonGroup dinamai bg
sebagai objek dari kelas yang bersangkutan sehingga kita dapat memanggil
method-method yang terdapat pada komponen tersebut. Dan pada gambar tersebut
terdapat kata public yang digunakan sebagai modifier dalam mengakses kelas atau
method yang terdapat pada program.
Pada program ini, objek yang telah dideklarasi melalui suatu
variable perlu menggunakan operator new dan memasukkan instance-nya kedalam
variable tersebut. Operator new ini akan
mengalokasikan ruang memori untuk menyimpan suatu objek tertentu dan mengembalikan
nilai berupa referensi objek yang bersangkutan. Sehingga objek memiliki ruang
untuk menyimpan data string berupa teks pada variable tersebut.
Method Set Location pada objek digunakan untuk menentukkan
letak lokasi objek pada frame. Dan method set size digunakan untuk menentukkan
ukuran label yang diinginkan. Dan getPreferresSize untuk mendapatkan ukuran
yang sesuai.
radioButton1.addItemListener(this);
addItemListener digunakan untuk memasukkan pilihan dan hanya akan dipilih satu pilihan karena
itemListener akan bereaksi apabila terjadi perubahan pada kelas yang
bersangkutan.
Gambar diatas digunakan untuk menambahkan komponen kedalam
objek sehingga komponen tersebut masuk kedalam button grup.
Untuk membuat dan menampilkan GUI menggunakan method public void createAndShowGUI.
1.
JFrame.setDefaultLookAndFeelDecorated(true)
untuk menentukkan siapa yang menggambar
dekorasi window (bersifat opsional)
2.
JFrame frame = new JFrame (“Latihan”) untuk
membuat frame dengan nama “Latihan”.
3.
Frame.setLayout(null)untuk digunakan sebagai argument bahwa method ini
tidak mengunakan layout.
4.
Frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.Exit_On_Close)
untuk digunakan sebagai tanda apabila frame ingin ditutup atau dikeluarkan.
5.
Frame.getContentPane( ).add(label1) untuk
menempatkan komponen misalnya label1 kedalam frame.
6.
Frame.setBounds(0, 0, 300, 200) untuk
menentukkan ukuran frame (kiri, kanan, atas, bawah)
7.
Frame.setLocationRelativeTo (null) digunakan untuk meletakkan frame ditengan
layar
8.
Frame.setVisible(true) untuk menampilkan frame.
Method getsource() digunakan untuk
memperoleh objek yang mengirimkan event. Misalnya apabila user melakukan klik
terhadap sebuah objek radiobutton, maka radiobutton dianggap sebagai event
source. Dan label2 akan memasukkan teks
kedalam objek dengan nama “Pilihan Anda” dan mendapatkan teks tersebut dari objek radiobutton. Sehingga apapun yang kita klik pada
radiobutton akan muncul pada label2 ini.
Method invokeLater akan memproses Runnable
event secara bergantian. Kemudian akan melakukan run. Sehingga method akan
terpanggil dan menampilkan frame program utama yang dibuat.
Berikut merupakan penjelasan secara
rincinya :
Komponen JRadioButton digunakan untuk
menampilkan beberapa item pilihan dan yang dapat dipilih hanya satu. Dalam hal
ini, label sebagai komponen yang berisi
teks pertanyaan dan pilihan yang kita akan pilih. Kemudian RadioButton merupakan komponen
pilihan. Cara kerjanya yaitu item-item pada RadioButton akan dijadikan satu kelompok dengan membuat
objek atau instance dari kelas ButtonGroup. Selanjutnya, kita memasukkan semua
objek JRadioButton kedalam objek ButtonGroup tersebut. Adapun cara memasukkanya
adalah dengan memanggil method add() yang didefinisikan pada kelas JButtonGroup.
Hal ini dilakukan agar setiap kali user memilih salah satu item(statusnya
bernilai true), item lain tidak ikut terpilih(statusnya bernilai false).
Sehingga pada saat program dijalankan maka akan mucul output seperti dibawah
ini :
Ketika kita
memilih salah satu pilihan maka pilihan yang kita pilih akan muncul pada label
teks dibawahnya seperti gambar dibawah ini :
sangat informatif artikelnya. thanks gan ijin sedot....
BalasHapusSaya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut