Senin, 28 Januari 2013

Program JRadioButton

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat program dengan menggunakan komponen JRadioButton. Dan juga saya menyertakan penjelasan untuk mempermudah dalam memahami program ini. semoga bermanfaat :)

Sebelum memulai menjelaskan program ini, berikut merupakan gambaran singkatnya :
1.       Program ini memiliki package bernama Tugas. Dan hanya memiliki satu kelas yaitu bernama Programku.
2.       Program ini memiliki komentar yang terdiri dari :
·         Komentar untuk satu baris.
Misalnya :
//menentukkan group dari semua item
·         Komentar untuk keperluan dokumentasi.
Misalnya :
/**
 *
 * @author isti hana
 */

3.       Program ini terdiri dari separator yang digunakan untuk memisahkan salah satu bagian program dengan bagian lainnya. Berikut separator yang digunakan :
-          Tanda kurung ( ) : mengisikan daftar parameter didalam method untuk mengapit sebuah ekspresi dalam operasi tertentu, statement control atau untuk melakukan typecast.
-          Kurung kurawal { } : untuk membuat blog program(kelas, method, control, pemilihan, dan control pengulangan) dan untuk mengisikan nilai inisial pada deklarasi array.
-          Kurung siku [ ] : untuk mendeklarasi array dan untuk mengambil/ mengisi nilai dari elemen array.
-          Titik koma (;) : untuk memisahkan statement
-          Koma (,) : untuk memisahkan variable pada saat proses deklarasi. Juga dapat digunakan pada saat menggunakan statement for.
-          Titik (.) : untuk memisahkan nama paket, subpaket, dan kelas. Juga digunakan untuk memisahkan data/method dari sebuah referensi objek.
4.       Program ini terdapat kata kunci yaitu : class, implements, import, new, package, public, static, this, true, null dan void.
5.       Tipe data dalam program ini adalah string.
6.       Program ini merupakan contoh program komponen control tingkat dasar yaitu komponen JRadioButton.
Pada program ini menggunakan GUI(Graphical User Interface) yaitu untuk pendesainan atau menggunakan development tool  seperti pada penggunaan program Borland Delphi, Visual Basic dan lain-lain. Walaupun memang dalam penggunaan java, pembuatan GUI memang relative lebih rumit.

Gambar diatas sebagai awal  program yang letaknya dibawah nama package digunakan untuk mengimport awt dan swing dalam pengembangan program GUI. Awt dan Swing disini digunakan secara bersamaan karena keduanya merupakan penyedia komponen yang akan digunakan dalam pembuatan program.

Pada program ini, Programku merupakan nama kelas. Karena program ini menggunakan komponen JRadiobutton maka class akan mengimplementasikan itemListener  untuk segera bereaksi apabila terjadi perubahan pada radiobutton.  Program ini juga menggunakan komponen Jlabel sebanyak 2 label yang akan digunakan sebagai teks. Dan komponen JRadiobutton sebagai pilihan bila teks tersebut berupa pertanyaan. ButtonGroup  dinamai bg  sebagai objek dari kelas yang bersangkutan sehingga kita dapat memanggil method-method yang terdapat pada komponen tersebut. Dan pada gambar tersebut terdapat kata public yang digunakan sebagai modifier dalam mengakses kelas atau method yang terdapat pada program.

Pada program ini, objek yang telah dideklarasi melalui suatu variable perlu menggunakan operator new dan memasukkan instance-nya kedalam variable tersebut. Operator new ini  akan mengalokasikan ruang memori untuk menyimpan suatu objek tertentu dan mengembalikan nilai berupa referensi objek yang bersangkutan. Sehingga objek memiliki ruang untuk menyimpan data string berupa teks pada variable tersebut.
Method Set Location pada objek digunakan untuk menentukkan letak lokasi objek pada frame. Dan method set size digunakan untuk menentukkan ukuran label yang diinginkan. Dan getPreferresSize untuk mendapatkan ukuran yang sesuai.
radioButton1.addItemListener(this);         
addItemListener digunakan untuk memasukkan pilihan  dan hanya akan dipilih satu pilihan karena itemListener akan bereaksi apabila terjadi perubahan pada kelas yang bersangkutan.

Gambar diatas digunakan untuk menambahkan komponen kedalam objek sehingga  komponen tersebut  masuk kedalam button grup.

Untuk membuat dan menampilkan GUI menggunakan method public  void createAndShowGUI.
1.       JFrame.setDefaultLookAndFeelDecorated(true) untuk menentukkan siapa yang  menggambar dekorasi window (bersifat opsional)
2.       JFrame frame = new JFrame (“Latihan”) untuk membuat frame dengan nama “Latihan”.
3.       Frame.setLayout(null)untuk  digunakan sebagai argument bahwa method ini tidak mengunakan layout.
4.       Frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.Exit_On_Close) untuk digunakan sebagai tanda apabila frame ingin ditutup atau dikeluarkan.
5.       Frame.getContentPane( ).add(label1) untuk menempatkan komponen misalnya label1 kedalam frame.
6.       Frame.setBounds(0, 0, 300, 200) untuk menentukkan ukuran frame (kiri, kanan, atas, bawah)
7.        Frame.setLocationRelativeTo (null)  digunakan untuk meletakkan frame ditengan layar
8.        Frame.setVisible(true) untuk menampilkan  frame.



Method getsource() digunakan untuk memperoleh objek yang mengirimkan event. Misalnya apabila user melakukan klik terhadap sebuah objek radiobutton, maka radiobutton dianggap sebagai event source.  Dan label2 akan memasukkan teks kedalam objek dengan nama “Pilihan Anda” dan mendapatkan teks tersebut  dari objek radiobutton.  Sehingga apapun yang kita klik pada radiobutton akan muncul pada label2 ini.



Method invokeLater akan memproses Runnable event secara bergantian. Kemudian akan melakukan run. Sehingga method akan terpanggil dan menampilkan frame program utama yang dibuat.

Berikut merupakan penjelasan secara rincinya :

Komponen JRadioButton digunakan untuk menampilkan beberapa item pilihan dan yang dapat dipilih hanya satu. Dalam hal ini,  label sebagai komponen yang berisi teks pertanyaan dan pilihan yang kita akan pilih.  Kemudian RadioButton merupakan komponen pilihan. Cara kerjanya yaitu item-item pada RadioButton  akan dijadikan satu kelompok dengan membuat objek atau instance dari kelas ButtonGroup. Selanjutnya, kita memasukkan semua objek JRadioButton kedalam objek ButtonGroup tersebut. Adapun cara memasukkanya adalah dengan memanggil method add() yang didefinisikan pada kelas JButtonGroup. Hal ini dilakukan agar setiap kali user memilih salah satu item(statusnya bernilai true), item lain tidak ikut terpilih(statusnya bernilai false). Sehingga pada saat program dijalankan maka akan mucul output seperti dibawah ini :

Ketika kita memilih salah satu pilihan maka pilihan yang kita pilih akan muncul pada label teks dibawahnya seperti gambar dibawah ini :


2 komentar:

  1. sangat informatif artikelnya. thanks gan ijin sedot....

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus